MENAMBAHKAN MAPEL YANG LEBIH DARI 2 JAM DI APLIKASI DAPODIKDAS 2013

By Look87

Terkait beberapa pertanyaan yang mengacu tentang pengisian jam mengajar guru kelas atau guru mata pelajaran di aplikasi dapodikdas 2013, maka saya tuliskan artikel ini semoga bisa membantu. Biasanya pertanyaanya seperti ini, Bagaimana memasukan jam mata pelajaran yang jam mengajarnya lebih dari 2 jam, sedangkan di aplikasi hanya bisa dimasukan lebih dari 2 jam?


 Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya ulas sedikit terkait pengisian submenu Pembelajaran pada aplikasi dapodik.


Ada hal penting sebelum masuk ke submenu Pembelajaran yaitu silahkan pilih dulu kurikulum yang diperlakukan disekolah anda, setiap sekolah bisa saja berbeda dan itu juga sangat berpengaruh saat nanti memasukan jumlah jam tiap-tiap mapel di pop-up windows selanjutnya. Jika ada yang belum tahu dimana mengganti jenis kurikulum, silahkan perhatikan gambar di bawah ini, di tabel utama terletak dikolom kedua, setelah tingkat pendidikan.

Dan berikut adalah kronologi pengisian jam setelah melakukan langkah di atas tadi.
Untuk memasukan jumlah jam mata pelajaran yang lebih dari dua jam, saya ambil contoh mapel PKN yang seandainya jam pembelajrannya 6 jam. Berarti 2 jam di tabel utama, kemudian 4 jam sisanya ditambahkan dengan cara seperti berikut.
pilih Pembelajaran ->pilih Tambah->pilih Mapel Wajib->pilih mapel PKN->masukan jumlah jamnya.
Berikut gambar apabila sudah memilih mapel PKN dan memasukan jumlah jamnya.
1-Matpel wajib PKN : 2 Jam
2-Matpel wajib (tambahan jam) PKN: 4 jam
total  Jam PKN adalah 6 jam.
Hal diatas bisa dilakukan untuk semua mata pelajaran, tapi saya sarankan sebelum mengisikan jumlah jam harap koordinasi dengan kurikulum dan kepala sekolah dahulu, saran saya kedua jangan sering - sering melakukan hapus data karena akan membuat aplikasi semakin lamban kerjanya dikarenakan aplikasi sebenarnya tidak menghapus database nya tapi aplikasi hanya menandai saja yang kita hapus, sehingga database semakin besar kemudian aplikasi menjadi lamban.







Saya hanya berbagi apa yang saya ketahui, jika ada kurang atau kesalahan ya mohon maaf.
Jika ada pertanyaan lain, silahkan ajukan, barangkali saya tahu dan bisa membantu.
Terimakasih.
 

1 Comments

Anonim mengatakan...

apakah linear pak jika ditambahkan misalnya IPA 1 jam dijam wajib tambahan sehingga terhitung 5 jam untuksertfikasipak