PERMASALAHAN SINKRONISASI DAPODIKDAS 2013

By Look87

Jika berbicara tentang cara sinkronisasi di aplikasi dapodikdas 2013 saya yakin semua operator sudah tahu caranya, tinggal klik sinkronisasi, selesai.
Tapi adakah yang mengalami Sinkronisasi Failed???
Adakah yang Data PTK dan Siswa baru tidak bisa dimasukan ke tabel utama???
Saya sering mendengar dua pertanyaan tersebut, tapi dikarenakan saya tidak bisa selalu online di Padamu Negeri, saya paparkan disini.


Sebelumnya saya mohon maaf, saya tidak ada maksud merendahkan kualitas operator, tidak demikian, saya hanya ingin mencari sebab dan memberi solusi. Pada dasarnya dua masalah itu disebabkan karena kita belum mengerti benar prosedur dari proses sinkronisasi, yang kita tahu hanya cara, sedangkan cara tersebut biasanya masih menimbulkan masalah, sedangkan jika kita tahu prosedure dan prosesnya maka kita akan tahu letak kesalah kita dimana dan kita bisa mengatasinya, bukankah demikian?


Saya juga masih belajar, jadi saya berbagi yang saya ketahui saja, prosedur sinkronisasi utamanya demikian :
1. Internet Time dan waktu Komputer/Laptop lebih lambat dari waktu seharusnya, perhatikan gambar berikut untuk mengganti Waktu Komputer dan Internet Time.
 a. Gambar merubah waktu komputer

b. Merubah Internet Time (Waktu Internet)

2. Saat di Validasi, data invalid harus 0 jika tidak demikiantidak akan bisa sinkronisasi, jadi pastikan data kita benar semua dan saat di tekan tombol Validasi tidak ada kesalahan atau tidak ada yang  invalid data.

Dua prosedur diatas InsyaAllah sudah bisa jadi acuan sinkronisasai.
Lantas Bagaimana dengan Data PTK Baru dan Siswa Baru yang tidak bisa masuk ke Tabel Utama, silahkan baca artikel berikut.

2 Comments

Unknown mengatakan...

Mengapa pada saat sinkronisasi "Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed" ?
Bagaimana solusinya ?

jimbo mengatakan...

saya sudah berkali kali melakukan sinkronisasi namun tidak juga terkirim ke server.
terakhir kali saya sinkronisasi dengan mengklik sinkronisasi pada aplikasi dapodik v. 2.0.4 data yang mengalami perubahan jadi hilang.( tidak ada satupun data didalam tabel ). mohon penjelasan