Cara Cek Informasi Validasi Dapodikdas

Cara Cek Informasi Validasi Dapodikdas
Banyak pertanyaan muncul tentang apa sebenarnya dapodikdas itu. Nah, dapodikdas sendiri adalah singkatan dari data pokok pendidikan dasar. Dapodik ini sudah dikeluarkan dan atau dikembangkan  oleh Departemen Pendidikan Nasional Indonesia dimana ada dua jenis dapodik yakni dapodikdas dan juga dapodikmen. Untuk dapodikdas adalah sistem pendataan untuk sekolah dasar dalam lingkup nasional. Sedangkan dapodikmen sendiri adalah sistem pendataan skala nasional untuk sekolah menengah. Nah dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana mengetahui informasi validasi dapodikdas sendiri. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapodikdas ini adalah suatu sistem pendataan berskala nasional untuk memperoleh data data terbaru dari sekolah dasar di seluruh Indonesia.  untuk melakukan atau mengecek informasi validasi dapodikdas ini anda bisa melakukan kunjungan ke http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ . jika anda sudah berada pada laman utama website tersebut, maka langkah selanjutnya adalah anda bisa memilih jenis validasi yang akan anda cek, misalnya saja anda bisa pilih kepala sekolah ganda (kepsek ganda) nah selanjutnya anda bisa memilih pada provinsi mana anda akan melakukan pengecekan informasi validasi dapodikdas, misalnya saja anda pilij provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian pilih validasi sekolah. Jika sudah maka anda bisa memilih kabupaten dan juga kecamatannya misalnya Kabupaten Kulon progo, Kecamatan Pengasih. Langkah terakhir untuk bisa mngecek informasi validasi dapodikdas ini adalah dengan klik tombol Tampilkan. Nah, jika nama sekolah anda muncul, berarti data sekolah anda bermasalah, namun jika tampilan yang muncul berkata tidak ada data, maka data sekolah anda aman.

Nah, di atas tadi beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika anda mengingikan cara mengecek data infomasi validasi dapodikdas atau data pokok pendidikan dasar. Semoga langkah langkah dan ulasan singkat mengenai cara mengecek informasi validasi dapodikdas atau data pokok pendidikan dasar yang sudah diberikan  di atas mudah dipahami oleh anda sekalian para pembaca. Memang di era perkembangan teknologi dan informasi yang sangat maju ini semua kalangan dituntut untuk lebih berteman dengan yang namanya teknologi.

0 Comments