Cara Install VHD UNBK 2018 (unbk.kemdikbud.go.id)

Cara Install VHD UNBK 2018 – Tidak terasa kita sebentar lagi akan menghadapi simulasi UNBK 2018 yang akan diselenggarakan bulan November ini. Untuk itu rekan OPSDapodikdasmen perlu mempersiapkan perangkat hardware dan software. Untuk persiapan hardware, admin skip dulu yang mana InsyaAllah akan segera update artikelnya. Sementara ini admin akan fokus dulu untuk membuat artikel tentang persiapan software UNBK 2018.

Lalu apa persiapan untuk install VHD UNBK 2018? Seperti biasanya di UNBK 2018 ini tetap berfokus pada 2 file. File tersebut dikirim atau diberikan oleh Puspendik  melalui Helpdesk Provinsi. File yang dimaksud adalah VHD UNBK 2018 dan Prerequisites UNBK 2018. Bagi rekan OPSDapodikdasmen yang belum memiliki file tersebut bisa download di :
Mirror 1:
Part 1: http://gg.gg/6nhn6 | Part 2: http://gg.gg/6nhnb
Mirror 2:
Part 1: http://gg.gg/6nhnf | Part 2: http://gg.gg/6nhnh
Untuk Prerequisites bisa di download di website unbk.kemdikbud.go.id dengan login menggunakan akun sekolah masing - masing.
Setelah semua file terdownload, silahkan extract terlebih dahulu file Prerequisites UNBK 2018. Nah, urutan file yang harus diInstall di Prerequisites adalah sebagai berikut :
1. ChromeStandaloneSetup64
2. VirtualBox-5.1.30-118389-Win

Jika sudah selesai meng-install goolge chrome dan Virtual Box tersebut, selanjutnya kita bahas cara install VHD UNBK 2018. Yang perlu diperhatikan dalam proses install ini adalah PC Server harus benar - benar SIAP.

 Berikut Langkah - langkah meng-install VHD UNBK 2018 :

1. Klik Baru kemudian beri nama dan pilih Sistem Operasi yang mana harus dipilih windows 7 (64 bit). Yang perlu diperhatikan, usahakan hindari penggunaan spasi dalam pemberian nama VM.
 gambar 1 cara install VHD UNBK 2018 

2. Silahkan atur ukuran memori yang digunakan untuk VM. Ukuran memori Jangan sampai menyentuh batas merah.
  gambar 2 cara install VHD UNBK 2018

3. Setelah itu, pilih option ke-3 yaitu Gunakan berkas hardisk virtual yang ada, klik gambar folder, pilih dimana letak rekan OPSDapodikdasmen meletakkan VHD UNBK 2018 yang sudah didownload tadi. kemudian klik Open.

gambar 3 cara install VHD UNBK 2018

Nah, Sudah selesai kita melakukan Install VHD UNBK 2018. Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut : 
gambar sukses install VHD UNBK 2018

Oya, saya menggunakan Virtual Box yang lama jadi masih ada Virtual Machine UNBK kemarin, jika rekan OPSDapodikdasmen juga melakukan hal yang sama, silahkan di back up terlebih dahulu dan kemudian dihapus. Admin menyarankan untuk menggunakan fresh install. Berikutnya akan admin buatkan artikel kelanjutan dari Cara Install VHD UNBK 2018 tentang Cara Setting VM. Jika link dibawah sudah aktif, berarti artikelnya sudah admin buat, kalau belum ya harap ditunggu ya.

Satu hal lagi, jika rekan OPSDapodikdasmen mengalami masalah dalam hal Install dan Setting VHD UNBK 2018 di server, rekan yang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur bisa kopdar dengan Admin melalui contact Helpdesk Kab/Kota yang ada di website unbk.kemdikbud.go.id. Admin juga melayani Jasa dan Pembelian perangkat UNBK silahkan kirim pesan via email dengan menyertakan nomor handphoneBantu share ya...hehe


Baca juga : Langkah - Langkah Sinkronisasi UNBK 2018 yang baik dan benar



3 Comments

benny mengatakan...

Permisi mau tanya. Kalau VirtualBox nya versi 5.2 tidak jadi masalah kan? Terima kasih

eLCahyo mengatakan...

tidak masalah bpk..

anto ramana mengatakan...

install VHD untuk unbk 2018 pakai versi windows 7 64 bit ya.?