Cara Cepat Edit NISN, Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodik 2018a (Dapodik Helper)

Cara Cepat Edit NISN, Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodik 2018a - Setelah admin terawang nih, banyak rekan OPSDapodikdasmen yang sedang sibuk mengerjakan nominasi untuk unjian nasional ya kan? hehe. Dan admin juga yakin kalo banyak yang pusing karena datanya masih banyak yang salah terutama NISN, Nama dan Tanggal Lahir siswanya. Dan yang ekstrim lagi, rekan OPSDapodikdasmen sudah mengajukan verval diwebsite vervalpd.kemdikbud.go.id namun ditolak atau belum juga di approve.


Oleh sebab itu, admin akan berbagi nih tentang bagaimana cara edit NISN, Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodik 2018a. Tapi admin melarang keras untuk kecanduan dengan cara yang akan admin bagi ya! cukup gunakan cara ini ketika kefefet saja, oke?. 

Oke, berhubung kita dikejar deadline untuk segera menyelesaikan pendataan siswa calon peserta ujian nasional langsung saja kita kepokok bahasan. Edit NISN, Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodik 2018a ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, yang mana pengembangnya juga termasuk tim pengembang Aplikasi dapodik yang selama ini kita kenal. Dan admin disini hanya sebagai user dan membagikan info ke rekan OPSDapodikdasmen semua. Aplikasi ini bernama Dapodik Helper yang bisa rekan download di link bawah ini :

http://bucket.valley.id/dh/build-07122017.exe
Aplikasi Dapodik Helper tersebut terakhir update dan rilis pada tanggal 07 Desember 2017 yang artinya aplikasi ini sudah support untuk Aplikasi Dapodikdasmen atau Dapodikpaudni terbaru yaitu versi 2018a.

 Cara Edit NISN, Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodik 2018a :

1. Setelah selesai download, silahkan klik kanan run as administrator untuk meng-install Aplikasi Dapodik Helper. Jika sudah selesai install maka akan muncul 2 pilihan yaitu Dapodikdasmen atau Dapodikpaudni, silahkan sesuaikan pilihannya. Setelah itu akan tampil seperti dibawah ini.
tampilan dapodik helper

2. Setelah muncul seperti gambar diatas, silahkan klik icon bergambar orang untuk melakukan login. Silahkan masukkan email dan password yang biasa digunakan untuk login kedalam Aplikasi Dapodik. 
tampilan login di dapodik helper

3. Setelah berhasil log in, silahkan klik File - Data Pokok.
tampilan menu File di dapodik helper
4. Kemudian akan muncul data siswa, pilih siswa yang akan diedit. Klik kanan pada siswa tersebut, pilih Edit - Biodata :
tampilan Data Pokok di dapodik helper

5. Silahkan Edit NISN, NAMA, TANGGAL LAHIR data siswa tersebut sesuai dokumen yang berlaku.
tampilan Edit Biodata di dapodik helper

Nah, jika sudah selesai melakukan edit, silahkan klik simpan. Jika semua data siswa sudah diperbaiki, bukalah Aplikasi Dapodik kemudian coba cek di data siswanya, berubah tau tidak?. Langkah terkahir adalah, lakukan validasi kemudian lakukan sinkronisasi di Aplikasi Dapodik. Setelah itu, kita tunggu hasil perubahannya di website pdun.data.kemdikbud.go.id.
Langkah selanjutnya : Upload dz dari website PDUN ke website BIOUN

Sekian postingan kali ini terkait Cara Edit NISN, Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodik 2018a. Nantikan update posting berikutnya ya. Semoga bermanfaat. Salam satu data. Bantu share ya...

Nb. Admin tidak bertanggungjawab atas penggunaan Aplikasi Dapodik Helper. Segala Resiko rekan OPSDapodikdasmen tanggung sendiri ya. Tapi InsyaAllah aman.




0 Comments