Cara Setting LANCard untuk PC server UNBK 2018

Cara Setting LANCard untuk PC server UNBK 2018 - Posting kali ini tidak kalah pentingnya dengan yang admin tulis sebelumnya, jika cara install VHD UNBK 2018 di Virtual Box sudah benar dan Cara Setting Virtual Machine di Virtual Box juga sudah benar namun ketika di RUN ternyata masih juga belum tampil CBTsync berarti ada yang salah dengan settingan networknya. Biasanya ditandai dengan proses Checking secara terus menerus pada Exambrowser Admin.
Baca juga : cara install VHD UNBK 2018 di Virtual Box
Setting network yang dimaksud adalah setting IP LANcard yang sudah terpasang di PC server UNBK 2018. Perlu diingat bahwa ada 2 jalur LAN yang WAJIB ada di PC server. Satu jalur LAN sudah tertanam di motherboard PC Server dan yang satu lagi kita harus memasang LANcard external.
gambar fisik LANCard PC Server UNBK 2018

Dalam gambar diatas ada 2 kabel LAN yang tertancap di PC Server UNBK 2018, masing - masing memiliki settingan dan fungsi sebagai berikut :
1. LANcard nomor 1 yang kabel berwarna kuning dan nyala merah, sebagai jalur akses dari PC Server UNBK 2018 ke Client.
2. LANcard nomor 2 yang berwarna abu-abu dan nyala hijau, sebagai jalur masuknya internet kedalam PC Server UNBK 2018.
Baca juga : Cara Setting Virtual Machine UNBK 2018 di Virtual BOX

Cara Setting LANcard di PC Server UNBK 2018 :


Sebelum kita melakukan setting pada LAN network, kita berikan nama dengan cara me-rename device LANcard kita yang terhubung di PC Server UNBK 2018. Hal untuk mempermudah kita mengingat mana LANcard yang mengarah ke PC Client dan mana yang mengarah ke Internet. Cara me-rename cukup dengan klik kanan pada salah satu device LANCard kemudian pilih rename. Untuk device yang bernama VirtualBox BIARKAN saja, JANGAN di rename.
gambar cara rename device LANcard PC Server UNBK 2018

Dalam gambar tersebut ada dua device LANCard yaitu :
1. Killer E2500 Gigabit Ethernet Controller dengan nama Server. LANCard ini yang kabel berwarna kuning dan menyala merah. LAN yang menghubungkan dari PC Server ke PC Client.
  1. Silahkan klik kanan device bernama Server tersebut kemudian Properties
  2. Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4
  3. Klik Properties
  4. Silahkan isikan IP address : 192.168.0.1 ( setelah angka 0, isikan angka 1-255, KECUALI ANGKA 200, karena 200 sudah tertanam di Aplikasi UNBK2018. Selanjutnya cukup klik pada textbox subnet mask maka akan muncul dengan sendirinya angka 255.255.255.0 setelah itu klik OK dan OK. Gambar bisa dilihat dibawah ini.
gambar setting LANCard dari PC Server ke PC Client

2. Realtek PCIe GBE Family Controller dengan nama Internet. LANcard ini yang kabel warna abu-abu dan menyala hijau. LAN yang menghubungkan PC Server dengan Internet.
  1. Silahkan klik kanan device bernama Internet tersebut kemudian Properties
  2. Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4
  3. Klik Properties
  4. Centang saja Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS Server address automatically.  
  5. Klik OK dan OK
gambar setting LANcard dari Internet ke PC Server

Demikian cara Setting LANcard untuk PC Server UNBK 2018 yang bisa admin bagikan kepada rekan OPSDapodikdasmen. Semoga bermanfaat bagi rekan semua.
Baca juga : PENTING, demi keamanan data saat UNBK lakukan hal ini
Satu hal lagi, jika rekan OPSDapodikdasmen mengalami masalah dalam hal Install dan Setting VHD UNBK 2018 di server, rekan yang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur bisa kopdar dengan Admin melalui contact. Admin juga melayani Jasa dan Pembelian perangkat UNBK silahkan kirim pesan via email dengan menyertakan nomor handphone. Bantu share ya... hehe





3 Comments

KESO mengatakan...

jaringan internet dari indihome memakai statis.
Oleh sebab itu ip komputer server harus statis (192.168.1.2) dengan gateway 192.168.1.1
Hal ini dilakukan supaya server terhubung ke internet.
Pertanyaan :
1. apakah setting lan-1 pada server tetap mengikuti aturan di atas? (memakai statis)?
ataukah tetap dirubah menjadi automatic seperti tulisan mas admin di atas

eLCahyo mengatakan...

Admin menyarankan otomatis sebab apabila nanti terjadi gangguan pada jaringan internet indihome, nanti bisa langsung tancapkan USB modem atau kalo ada usb wifii bisa tethering memakai HP sebagai koneksi internet penggantinya.

anto ramana mengatakan...

Lan 1 (internet) memakai IP auto, Lan 2 (client) diatur secara manual.
tapi ketika komputer di restart kenapa tanda (status) koneksi di sistem tray bertanda seru!! tapi tetap masih bisa akses internet.