Cara Cepat Upload Foto di website ubk.kemdikbud.go.id

Cara Upload Foto di website ubk.kemdikbud.go.id - Halo rekan OPSDapodikdasmen yang berbahagia, sudah lama sekali admin tidak berbagi info disini dikarenakan banyaknya pekerjaan offline yang harus segera diselesaikan.

Untuk kali ini admin akan berbagi info tentang bagaimana cara upload foto Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer di website ubk.kemdikbud.go.id guna mencetak kartu peserta ujian. Sebenarnya info ini sudah keluar cukup lama, namun admin baru sempat berbagi hari ini.

Berikut adalah cara upload foto di website ubk.kemdikbud.go.id :

1. Foto yang sudah disiapkan silahkan direname sesuai dengan Username siswa seperti gambar berikut :
Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
Mengganti nama foto dengan username

2. Setelah semua file sudah berganti nama sesuai username siswa masing-masing, langkah selanjutnya adalah menjadikan file tersebut yang awalnya ber-extensi .JPG, JPEG atau PNG menjadi file yang ber-extensi .ZIP. Nah, untuk mempercepat proses pembuatan file .ZIP silahkan block semua file yang ingin dijadikan .ZIP, setelah itu klik kanan pilih add to archive. Pindah pada tab menu Files dan centang pada "Put each file to separate archive", lalu klik OK. Untuk contoh, silahkan perhatikan gambar berikut ini :
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK : Pilih Add to Archive

    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK : Files dan centang Put each file to separated archive
3. Jika sudah selesai, maka file yang sudah kita pilih diawal tadi akan menjadi file ber-extensi .ZIP seperti yang diminta oleh website ubk.kemdikbud.go.id. Berikut hasil file .ZIP  yang admin maksudkan :
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK : Hasil add to archive
4. Untuk selanjutnya adalah proses upload file .zip tersebut ke website ubk.kemdikbud.go.id. Silahkan lakukan Login terlebih dahulu ke website ubk.kemdikbud.go.id, kemudian pilih menu UNBK - Kartu Peserta. Jika muncul pop up, silahkan klik cetak, maka akan muncul tampilan kartu peserta ujian UNBK.
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
    Cara upload Foto Peserta ujian UNBK 1
5. Dalam tampilan kartu peserta tersebut, silahkan klik upload foto. kemudian arahkan ke folder dimana kita menyimpan file .Zip tadi. Pilih semua file dengan cara menekan kombinasi 2 tombol CTRL+A, kemudian klik OK.

Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
Cara upload Foto Peserta ujian UNBK 2

6. Selanjutnya akan muncul antrian file .zip yang sudah kita pilih tadi, silahkan klik upload untuk melakukan proses upload. Kita tunggu sampai proses selesai. Dan jika sudah selesai, kartu peserta sudah siap dicetak dengan foto peserta ujian yang sudah terpasang.
Cara upload Foto Peserta ujian UNBK
Cara upload Foto Peserta ujian UNBK 3
Begitulah Cara Cepat Upload Foto di website ubk.kemdikbud.go.id yang bisa admin bagikan kepada rekan OPSDapodikdasmen. Untuk tanya jawab, silahkan tinggalkan dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan mohon bantuan untuk share ya..

0 Comments