Petunjuk Management Calon Peserta Ujian Nasional di biounsmp.kemdikbud.go.id

Petunjuk Management Calon Peserta Ujian Nasional di biounsmp.kemdikbud.go.id - Pendataan calon peserta ujian nasional sudah menjadi agenda wajib setiap tahun. Maka kali ini admin akan berbagi info kepada rekan OPS Dapodikdasmen tentang salah satu website pendataan calon peserta ujian nasional tahun 2018. 

Ada beberapa website yang akan kita gunakan dalam proses pendataan tersebut. Yang pertama adalah website pdun.data.kemdikbud.go.id yang mana pernah kita bahas dalam posting sebelumnya. Kedua, website biounsmp.kemdikbud.go.id untuk jenjang SMP/MTs dan biounsma.kemdikbud.go.id untuk jenjang SMA/MA/SMK. Namun karena Admin berada di Lembaga SMP maka admin akan membahas website biounsmp.kemdikbud.go.id saja.

Untuk alur pendataan sendiri dimulai dari aplikasi Dapodik/Emis kemudian dilakukan sinkronisasi sehingga calon peserta ujian nasional masuk ke website pdun.kemdikbud.go.id. Setelah itu, kita lakukan management di website pdun.kemdikbud.go.id dan men-download calon peserta ujian nasional tersebut. Namun sebelum melakukan download, silahkan mengisi Pengaturan No Kursi. setelah itu barulah klik Unduh File Calon Peserta UN.

tampilah pdun.kemdikbud.go.id

File hasil download dari website pdun.data.kemdikbud.go.id ber-extensikan .dz yang mana file tersebut yang kan kita upload kedalam website biounsmp.kemdikbud.go.id.
baca selengkapnya : Langkah - langkah mempersiapkan calon peserta ujian nasional di website pdun.kemdikbud.go.id

Langkah -Langkah Upload File .dz ke biounsmp.kemdikbud.go.id :

1. Silahkan login terlebih dahulu ke website biounsmp.kemdikbud.go.id dengan cara memasukkan username dan password serta memasukkan captcha yang ada pada gambar diatasnya. Untuk akun bisa menghubungi disdik kab/kota setempat.
tampilan login biounsmp.kemdikbud.go.id

2. Setelah berhasil login, silahkan masuk ke kemenu Upload File, Dapodik/Emis. Klik chose files, cari dimana anda meletakan file .dz yang sudah didownload tadi. kemudian klik upload. Setelah muncul pemberitahuan bahwa telah sukses upload, silahkan klik Validasi.
tampilan upload di biounsmp.kemdikbud.go.id

3. Jika berhasil maka akan tampil gambar seperti dibawah ini. Centang pada nama sekolah rekan OPSDapodikdasmen. Setelah itu klik Proses.
gambar berhasil upload di biounsmp.kemdikbud.go.id

4. Setelah berhasil diproses maka dalam menu Biodata Siswa, Edit Biodata Siswa akan muncul nama-nama siswa yang berhasil kita upload.
gambar siswa berhasil masuk di biounsmp.kemdikbud.go.id

5. Namun jika masih ada siswa yang salah dalam memasukan nomor peserta ujian jenjang sebelumnya di aplikasi dapodik/emis maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
gambar gagal upload di biounsmp.kemdikbud.go.id

Jika gagal seperti diatas, silahkan perbaiki di aplikasi dapodik/emis, kemudian sinkron kembali. Tunggu hingga 6 - 24 jam kemudian, cek di website pdun.data.kemdikbud.go.id apakah data yg diperbaiki sudah masuk, jika sudah maka lakukan ulang langkah - langkah upload file .dz diatas.

Yang perlu diingat, jika terjadi kesalahan NISN, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir maka lakukan verval di vervalpd.kemdikbud.go.id dengan melampirkan scan/foto dokumen pendukung ASLI.

Demikian informasi yang bisa admin bagikan ke[ada rekan OPSDapodikdasmen, semoga bermanfaat. Salam satu data. Bantu share ya...




0 Comments