PENYEBAB TIDAK BISA MEMINDAH PD/PTK BARU KE TABEL UTAMA DENGAN DAPODIKDAS 2013 VERSI 2.04

By Look87

Sepertinya ada yang kurang pada aplikasi Dapodikdas 2013 Versi 2.04 ini, yaitu saat kita berhasil melakukan sinkronisasi apa yang terjadi ketika kita login management? apa yang terjadi pada tabel log sinkronisasi? apa yang terjadi pada tabel penampung yang menampung data siswa dan PTK baru?


Seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa operator dapodikdas, yaitu saat melakukan sinkronisasi ada yang berhasil dan ada yang belum, ada yang bisa login management dan ada yang belum, dan BELUM ADA yang berhasil memindah PD dan PTK baru dari tabel penampung menuju tabel utama. Ada yang bisa sih, tapi melalui jalur belakang, tapi hasilnya juga semua data ditandai merah , karena jalur belakang hanya bisa membuat tanda merah pada PD atau PTK, otomatis hasil pindahan juga datanya masih kosong karena kita akhirnya memindah secara manual. Sedangkan bila ingin datanya otomatis lengkap kan ya harus melalui server, karena data lengkapnya PD ada di server.
Jadi, mending gak usah deh, dari pada nginput manual PD kelas 7, capek. hehe

Nah ini saya lampirkan juga ulasan dari rekan saya "Arif Bayu Kartiko" :
"Saya sempat ragu ke aplikasi 2.04 yg baru diluncurkan.
kalau di cermati di group manapun tdk ada yang sukses memindahkan PD/PTK ke Tabel utama setelah melewati tahap singkronisasi bahkan ada yang sampai 20 kali .
dalam benak saya apakah aplikasi ini hanya memperbaiki bug entry data saja tanpa memperbaiki proses singkronisasi (singkron akan perbaiki di path berikutnya)
ternyata salah dugaan saya setelah saya konfirmasi dengan beberapa narasumber aplikasi ini sdh di desain jg untuk singkronisasi bahkan pernah di coba sama tester (tapi jaringan tdk seramai ini) dan itu sdh berhasil memindahkan PTK/PD dari tabel penampung
Sekarang yang menjadi pertanyaan kalau itu masalah jaringan dan server apakah mungkin path 2.05 (kabar pertengahan bulan) menyelesaikan masalah ini..(singkronisasi) ..
Kita berdoa aja kasihan tim pusat berfikir keras cari solusi .."
Jadi sebelum Dapodikdas V 2.04 terjadi expired date, Patch Dapodikdas 2013 Versi 2.05 akan diluncurkan, kira kira demikian.
Dan berikut saya juga lampirkan Screnshoot percakapan dengan salah satu pengembang Aplikasi Dapodikdas 2013.


Nah, kalo sudah demikian bagaimana??
Kalo saya pribadi, mending tidak berhasil memindah PTK atau PD baru dari tabel penampung ke tabel utama, kenapa? karena saya tidak mau repot, karena kalo sampai berhasil, nanti paling tidak masih melakukan editing data lagi, belum lagi kemungkinan server down yang bisa menyebabkan tidak bisa memindah secara otomatis baik PD atau PTK ke tabel utama, dengan kata lain kemungkinan besar hanya ditandai merah dan kita memindah ke tabel utama secara manual, dan kalo sudah seperti itu nanti kita ngisi data rinci satu persatu (PD/PTK yang baru dipindah manual), anda mau?? kalo saya, jelas tidak mau. hehe


Kemudian ada pertayaan lagi, terus nanti untuk pencairan dana BOS 2014 triwulan pertama, bagaimana jika siswa tidak bisa dimasukkan ke tabel utama?
Jawaban saya, tidak usah khawatir, karena siswa yang berada ditabel penampung (Kelas 7) sudah memiliki ID dari aplikasi yang secara otomatis sudah terdaftar dan terhitung sama seperti siswa yang sudah ada di tabel utama (Kelas 8 dan 9).
Asal jumlah antara siswa di tabel utma dan tabel penampung sudah sesuai dengan jumlah aslinya, InsyaAllah tidak ada masalah dalam pencairan dana BOS 2014 triwulan pertama.

NB : Cantumkan link atau nama bila ingin copy paste artikel, sebagai bentuk penghargaan dan persahabatan. terimaksih.



 

3 Comments

Tingkatkan Kerja OPS mengatakan...

Saya mengucapkan terima kasih artikel Mas Lokman Cahyono , semoga sukses ,dan tolong berikan info -info terbaru seperti sebab2 tidak bisa siync ,dengan harapan cepat selesai pendataan Dikdas 2013 ini ,swekiranya patch 2.0.5 segera diluncurkan yang dirasa bisa menyelesaikan masalah terima kasih

SD NEGERI JETAK GODEAN mengatakan...

Semoga Sponsored yang di bawah lekas terisi

Unknown mengatakan...

saya sudah melakukan validasi hingga 0 kemudian sinkronisasi namun alhasil tetap tidak bisa memindahkan PD dan PTK ke tabel utama. Selalu diminta memperbaiki data yang bertanda merah yang ada di server