PENYEBAB GAGAL SINKRONISASI DAPODIKDAS V 2.04

12/05/2013 07:30:00 AM
By Look87

Mungkin banyak yang mengalami
"SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE"
Jujur saja, saya juga pernah mengalaminya. hehe

Untuk yang sudah menggunakan Aplikasi versi 2.0.4 bila dalam melakukan sinkronisasi ada keterangan "SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE" itu artinya
proses sinkronisasi mengalami kegagalan karena adanya beberapa data yang masih salah dalam pengisiannya, coba lakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Periksa kembali kolom pengisian "Data Pribadi" siswa pada bagian Tab Peserta Didik, biasanya disana ada beberapa kolom yang seharusnya dikosongkan, tetapi terisi oleh angka 0 atau tanda "strip" ( - ), seperti pada kolom "Berkebutuhan khusus, Nomor Telepon, Nomor HP, Nama Wali" dan rincian lainnya.. bila benar ada isiannya hapus isian yang bersangkutan.

2. Pada kolom "Data Rincian bagian Data Periodik" dalam hal pengisian jarak "kurang dari 1 km" meski jaraknya tidak diisi tapi waktu tempuh untuk kolom menitnya harap diisi.

3. Pada Tab PTK periksa kembali kolom "penugasan" terutama dalam pencentangan Keaktifan PTK, Bulan yang dicentang harus sampai bulan "Desember".

4. Pada Tab PTK bagian "Ubah", periksa kembali seluruh pengisian pada bagian "Edit PTK terutama pada kolom NIP, biasanya masih suka ada ditemukan pengisian dari hasil data prefill yang pengisian NIP-nya menggunakan spasi sehingga data NIP hilang sebagian.

5. Pada Tab PTK bagian "Data Rincian" periksa kembali dalam hal "Tugas Tambahan" dan "Rw. Jabatan Struktural" kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan), tetapi utk beberapa kasus masih banyak kolom ini yang terisi datanya, bila terjadi seperti ini maka hapus data isiannya.

NB :
- Kesalahan ini biasanya juga berpengaruh pada kesuksesan atau keberhasilan unduh "Profil Sekolah" dan "Absensi"
- Saya juga mengatakan hari ini pertanggal 05 Desember 2013 mulai pukul 00.00, (infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id) sudah dimatikan, jadi apabila melakukan sinkronisasi online pasti lancar dan langsung ada selisih, tapi mohon maaf saya tidak tahu sampai kapan itu terjadi, silahkan anda cek sendiri, jika saat membuka halaman tersebut tertulis "Sistem sedang sibuk", berarti masih mati.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 Comments

Write Comments