PENGERTIAN DARI GENERATE PREFILL DAPODIKDAS 2013

Meluruskan saja :

Dari info yang kemarin di dapat dari pelatihan dapodik hari sabtu bahwa sebenarnya ada beberapa tujuan kenapa prefill perlu di generate ulang :
1. laptop rusak dan tidak sempat backup tetapi sudah pernah singkron menggunakan aplikasi versi 2.05
2. PTK dan PD dobel di progres pendataan sedangkan di aplikasi hanya satu..(tujuannya aplikasi bisa menghapus data yg di server)
3. Memisahkan dapodik yang ada di laptop karena sesuatu hal OPS mengerjakan dapodik lebih dari satu sekolah dalam satu laptop dan sekarang akan di pisahkan menjadi 2 laptop berbeda..
4. hanya sekedar ikut2 an ( kalau yg satu ini penuh resiko )
-ingat jika tidak mengalami hal2 di atas mohon jangan atau tidak usah menggunakan fasilitas generate prefil karena dengan generate prefil itu bukannya membantu OPS dalam pengerjaan tetapi bisa jadi apa yg kita kerjakan jadi sia2.

- Memang benar dengan generate prefil
, data yg di server akan sama persis dengan data yang ada di laptop tapi harus juga di ingat bahwa data yang di prefill itu hasil dari singkronisasi terakhir dan yg berhasil masuk di server (padahal kita sdh mengerjakan lebih update dari pada server)

SARAN :
- Gunakan fasilitas singkron secara online maupun offline dan singkron sendiri ternyata tidak bisa kita lakukan hanya sekali saja (min 3-4 kali) karena meskipun ada tulisan "SINGKRONISASI BERHASIL" itu artinya data kita berhasil "DI KIRIM" ke server tetapi kita blm bisa memastikan data kita di server "TERAMBIL SEMUA" dan masuk ke aplikasi (lokal) dan singkronisasi 2-3 sampai 4 inilah yg bertujuan mengambil seluruh data kita yg ada di server supaya masuk di lokal

- kalau data kita berhasil masuk ke laptop semua itu sama artinya dengan kita menggunakan fasilitas GENERATE PREFILL tetapi data kita yg terupdate juga ikut masuk di dalamnya..
-Kenali dan cek tabel di bawah tulisan singkronisasi berhasil lihat tabel apa saja yg berhasil dan gagal beserta jumlah barisnya.

- Jangan kecewa jika data yg ada di aplikasi berubah setelah kita singkronisasi karena secara tidak langsung itulah yang di namakan "SINGKRONISASI yang paling BERHASIL"