Pentingnya Dapodik Bagi Sekolah

dapodik bagi sekolah

Perkembangan teknologi dan informasi memang telah memberikan dampak yang luar biasa. Ya, berbagai manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah pada dunia pendidikan. Seperti diketahui, belum lama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program yang diberi nama dapodik. Adapun dapodik ini adalah singkatan dari data pokok pendidikan. Dapodik ini adalah aplikasi atau program yang diluncurkan kepada sekolah sekolah baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan menengah sekolah kejuruan. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana pentingnya dapodik bagi sekolah.

Yang pertama adalah dapodik atau data pokok pendidikan ini menjadi dasar bagi pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaring siswa siswa berprestasi dan guru guru yang mumpuni. Data data yang diinput kedalam database dapodik ini akan digunakan oleh pemerintah untuk dijadikan sebagai pertimbangan dlam memberikan beasiswa kepada murid atau anak didik sekolah. Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapodik ini ada di sekolah semua jenjang. Untuk sekolah dasar, dapodik ini selanjutnya disingkat dapodikdas, sedangkan untuk sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan atau sekolah menengah kejuruan dapodik ini selanjutnya disingkat dapodikmen.  Mengingat begitu pentingnya dapodik bagi sekolah maka dianjurkan agar pihak sekolah serius dalam menginput data yang diperlukan ke database dapodik.

Di atas sudah dijelaskan atau diberi ulasan sedikit mengenai pentingnya dapodik bagi sekolah. Dapodik ini juga sangat penting bagi pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan. Data data yang ada dalam database dapodik ini akan digunakan sebagai dasar formulasi dn evaluasi program program pendidikan yang akan diluncurkan dan atau sudah diluncurkan. Dengan data data yang akurat dan cepat didapat, maka pemerintah pun akan lebih mudah untuk membuat kebijakan dan atau peraturan yang dalam hal ini akan berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan bidang pendidikan. Selain itu, dengan adanya dapodik ini pemerintah tidak perlu lagi turun langsung ke lapangan karena input data data yang diperlukan ini bisa dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah.

0 Comments