Panduan Dan Cara Melakukan Manajemen Dapodikdas

tata cara melakukan manajemen dapodikdas

Dapodik adalah suatu program yang belum lama ini diluncurkan oleh pemerintah. Dengan adanya dapodik ini menandakan jika pemerintah Indonesia memang serius ingin memberikan kualitas pendidikan yang bagus bagi anak anak di Indonesia. Dapodik atau singkatan dari dapodikdas ini adalah sebuah program dimana program ini akan menghimpun data data yang ada dalam sekolah meliputi data anak didik, data pendidik (guru) dan juga data mengenai profil sekolah itu sendiri. Dalam artikel ini akan diberikan sedikit informasi mengenai tata cara melakukan manajemen dapodikdas. Jika anda penasaran dan juga memang sedang mencari informasi tersebut maka anda bisa memperolehnya dengan membaca ulasan singkat berikut ini.

Manajemen dapodikdas ini bisa diakses oleh banyak pihak. Diantaranya adalah admin dan atau Op Dinas Pendidikan Kabupaten/kota, provinsi menggunakan user dan password. Hal ini berbeda dengan dapodikmen (SMA dan SMK) yang memungkinkan Op sekolah untuk bisa mengakses manajemen pendataan. Cara melakukan manajemen dapodikdas ini adalah masukkan username dan password . setelah berhasil melakukan login maka langkah selanjutnya adalah klik manajemen pendataan. Nah, dalam menu manajemen pendataan yang ada di aplikasi dapodikdas ini anda akan menemukan beberapa sub menu seperti beranda, manajemen sekolah, dan juga data pokok sekolah. Ya, tentunya masing masing sub menu ini memiliki isi dan fungsi tersendiri. Anda bisa mendapatkan penjelasan mengenai masing masing sub menu yang ada ini di paragraf berikut ini.

Dalam menu data pokok sekolah anda bisa melihat bentuk pendidikan dan waktu penyelenggaraan. Sedangkan dalam menu manajemen sekolah anda akan mendapatkan sebuah link download kode registrasi sekolah yang selanjutnya bisa difungsikan untuk input data pada aplikasi dapodikdas ini. sedangkan pada menu beranda, anda  bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai username, peran guna, level wilayah, kode wilayah dan juga porvinsi. Nah, itu tadi adalah cara melakukan manajemen dapodikdas. Untuk lebih jelasnya anda bisa melakukan praktek secara langsung di aplikasi dapodikdas yang sudah ada. Semoga ulasan singkat mengenai tata cara melakukan manajemen dapodikdas ini bisa bermanfaat dan mudah dimengerti oleh anda sekalian.

0 Comments